Pengenalan Netbeans

by 02.34 0 komentar


CARA PERTAMA KALI MEMBUAT APLIKASI JAVA NETBEANS

 

 

 

1. Pertama kali jalankan Netbeans seperti gambar berikut.



2. Lalu klik file dan pilih New Project.



3. Klik dua kali pada Java Aplication. Isikan nama Project Name sesuai dengan nama project yang anda inginkan. Lalu unchecklist pada Create Main Class. Lalu Klik Finish.




4. Maka nanti akan tampil project yang telah anda buat tadi pada sebelah kiri atas Netbeans. Seperti Gambar berikut.:



5.Lalu klik kanan pada Source Package kemudian pilih Java Package untuk membuat Folder Project yang kita buat. Setelah itu klik Finish.





6. Klik kanan pada Java Package yang telah kita buat sebelumnya lalu pilih New -> JFrame From seperti gambar berikut.



7. Isikan Nama Frame sesuai dengan keinginan kita lalu finish.



8. Sehingga tampilannya seperti berikut. :



 9. Coba kita running Aplikasi Netbeans dengan menekan tombol Shift+F6 pada Keyboard maka akan terlihat aplikasi yang sudah kita buat sebelumnya.




10. Selesai sudah langkah pertama kita dalam membuat Frame pertama pada netbeans.

Untuk Tutorial selanjutnya akan saya bahas di Posting berikutnya karena keterbatasan Space pada Blogspot. :D . 

Terima kasih telah membaca tutorial berikut
Semoga bermanfaat buat semuanya. Amin.

Achmad Fimansyah

Developer

Terima Kasih sudah berkunjung ke blog pribadi saya. Semua artikel yang saya muat disini adalah tentang JAVA PROGRAMMING Mulai Dari Java Desktop Maupun Java WEB.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH BANYAK TELAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA.
Semoga semua Postingan yang ada dalam blog saya dapat bermanfaat bagi banyak orang.