Pengenalan Netbeans

by 01.03 1 komentar

Menggunakan Netbeans


NetBeans NetBeans IDE (Integrated Development Environment) adalah sebuah lingkungan pengembangan terintegrasi yang tersedia untuk Windows, Mac, Linux, dan Solaris. Proyek NetBeans terdiri dari open-source IDE dan platform aplikasi, yang memungkinkan pengembang untuk secara cepat membuat web, enterprise, desktop, dan aplikasi mobile menggunakan platform Java, serta JavaFX, PHP, JavaScript dan Ajax, Ruby dan Ruby on Rails, Groovy dan Grails, dan C/C++.

Proyek NetBeans didukung oleh komunitas pengembang yang ekstensif dan menawarkan dokumentasi dan sumberdaya pelatihan serta beragam pilihan plugin pihak ketiga.

Pada pembahasan ini digunakan NetBeans versi 7.1. IDE NetBeans 7.1 memperkenalkan dukungan untuk JavaFX 2.0 dengan mengaktifkan siklus kompilasi/debug/profil pengembangan secara penuh untuk aplikasi jafaFX 2.0. Rilis ini juga menyediakan perangkat tambahan Swing GUI Builder secara signifikan, dukungan CSS3, dan perangkat untuk visual debugging untuk Swing dan antarmuka pengguna untuk JavaFX. Tambahan termasuk dukungan Git yang terintegrasi ke dalam IDE, fitur baru PHP debugging, beberapa perbaikan pada JavaEE dan Maven, dan banyak lainnya.
NetBeans 7.1 tersedia dalam bahasa Inggris, Brasil, Portugis, Jepang, Rusia dan Cina.

Instalasi NetBeans
Untuk dapat menggunakan NetBeans, kita harus menginstalasi NetBeans dan JDK. Keduanya dapat di download secara gratis di http://www.netbeans.com/ dan http://www.oracle.com/. Supaya lebih mudah dalam menginstall, install JDK terlebih dulu baru kemudian install NetBeans.

Tampilan NetBeans
Setelah instalasi selesai kita dapat menggunakan NetBeans dengan tampilan pembuka seperti pada gambar berikut ini:





Tampilan NetBeans IDE seperti terlihat pada gambar  berikut ini:

Membuat Project
Untuk membuat project baru kita dapat memilih menu File>>New Project, sehingga
tampil jendela seperti pada gambar berikut ini:



Karena kita akan membuat aplikasi java, maka pada Categories pilih Java dan pada Projects pilih Java Application. Kemudian klik tombol Next.
Untuk latihan membuat project, pada Project Name isi dengan Latihan dan kosongkan tanda check pada Create Main Class dan Set as Main Project, sehingga tampilan seperti pada gambar berikut ini:


Tentukan juga di mana project akan disimpan dengan mengisikannya pada Project Location. Kemudian klik tombol Finish.
Selanjutnya klik tanda tambah (+) pada Source Packages, kemudian kita tambahkan package pada project yang kita buat dengan cara klik kanan pada Source Packages dan pilih New >> Java Package... seperti pada gambar  berikut ini:

Pada Package Name isi dengan APLIKASIKONSOL dan klik tombol Finish.


Setelah nama package selesai kita buat, klik kanan pada nama package tersebut dan pilih New, kemudian Java Class... seperti gambar  di bawah ini:




Pada Class Name isi Hello dan pastikan nama Package adalah APLIKASIKONSOL, sehingga seperti pada gambar berikut ini :

Di dalam class Hello ketik kode program di bawah ini:


public static void main(String args[]){
Scanner baca = new Scanner(System.in); 
String nama; System.out.print("Nama : "); 
nama = baca.nextLine(); 
System.out.println("Hello "+nama+", ini aplikasi console menggunakan NetBeans");
 }

Lihat gambar:




Pada kode program di atas akan tampil keterangan kesalahan, karena penggunaan class Scanner harus mengimport java.util.Scanner.
 Untuk mengimportnya dapat dilakukan dengan menambahkan statement berikut ini:

import java.util.Scanner

di bawah nama package, atau dengan mengklik gambar bola lampu di sebelah kirinya dan memilih Add import for java.util.Scanner seperti pada gambar berikut ini:





Untuk menjalankan program yang telah kita buat, klik kanan pada nama class kemudian pilih Run File (atau tekan tombol Shift dan F6) seperti pada gambar berikut ini:




Jika berhasil maka akan tampil pesan berikut dibawahnya :




Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang memulai belajar JAVA.

Achmad Fimansyah

Developer

Terima Kasih sudah berkunjung ke blog pribadi saya. Semua artikel yang saya muat disini adalah tentang JAVA PROGRAMMING Mulai Dari Java Desktop Maupun Java WEB.

1 komentar:

  1. Preanala -->
    <a href="http://www.gatewan.com/2015/07/pengenalan-java-dan-netbeans-ide.html>Pemula mencari cinta Object Oriented Programming</a>

    BalasHapus

TERIMA KASIH BANYAK TELAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA.
Semoga semua Postingan yang ada dalam blog saya dapat bermanfaat bagi banyak orang.