Pengenalan Java Pogramming

by 19.14 0 komentar

MENGAPA HARUS JAVA


Banyak sekali beberapa orang yang masih bingung mencari-cari bahasa pemrograman yang cocok atau yang lagi ngetrend saat ini atau mungkin yang sedang banyak dipakai saat ini.

Kali ini saya akan memperkenalkan bahasa pemrograman JAVA.

Kenapa sih Harus Java....? 
Karena java adalah bahasa pemrograman multi platform. 
Java tidak menyediakan IDE khusus seperti halnya bahasa pemrograman yang lain.
Pemrograman biasa menggunakan IDE yang support ke JAVA, Misalkan NETBEANS, ECLIPS, dan lain-lain. Jika editor yang digunakan tidak support Java, kita tinggal menyimpannya dalam ekstensi .java kemudian kompilasi.

                         Dalam sebagian besar bahasa pemrograman, sebuah kode program harus dikompilasi (compile) maupun diterjemahkan (interpret) sehingga dapat dijalankan di dalam sebuah komputer.
Software yang digunakan untuk melakukan kompilasi kode program disebut dengan compiler, sedangkan yang digunakan untuk melakukan interpretasi disebut dengan interpreter
Perbedaan antara compiler dan interpreter adalah terletak pada proses eksekusi kodenya. 
Compiler akan menerjemahkan isi kode program secara keseluruhan, sedangkan Interpreter akan menerjemahkan dengan cara baris demi baris. Karena proses eksekusinya dilakukan per baris, maka interpreter lebih lambat dibandingkan dengan compiler.

                      Java menerapkan dua proses di atas, Ini berarti bahwa Java berperan sebagai compiler dan interpreter. Konsepnya sangat sederhana, mula-mula kode program ditulis dengan bahasa Java (berekstensi .java) akan dikompilasi (oleh kompiler) menjadi suatu kode objek. Dalam terminologi Java, kode objek ini disebut dengan istilah bytecode. Jadi dalam Java, hasil akhirnya akan berupa bytecode (bereketensi .class), bukan file .exe. Selanjutnya bytecode akan dieksekusi baris demi baris (oleh interpreter). Dengan demikian, proses kompilasi hanya dilakukan sekali, akan tetapi proses interpret akan dilakukan setiap program dieksekusi. Berikut ini gambar yang mengilustrasikan konsep pembentukan program di dalam Java.


Bytecode dapat dianggap sebagai sekumpulan perintah dalam bahasa mesin untuk sebuah JVM (Java Virtual Machine). Setiap interpreter Java, baik, yang berupa development tools maupun sebuah web browser, merupakan implementasi dari JVM. Program yang dibuat dengan Java tidak mungkin dapat dijalankan dalam komputer maupun alat lain yang tidak memiliki JVM.
            Dengan adanya konsep bytecode ini, dalam terminologi Java dikenal adanya istilah “write one, run anywhere”. Ini berarti bahwa sekali kita menulis programJava dan melakukan kompilasi terhadapnya, selama platform tersebut memiliki JVM.






Achmad Fimansyah

Developer

Terima Kasih sudah berkunjung ke blog pribadi saya. Semua artikel yang saya muat disini adalah tentang JAVA PROGRAMMING Mulai Dari Java Desktop Maupun Java WEB.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH BANYAK TELAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA.
Semoga semua Postingan yang ada dalam blog saya dapat bermanfaat bagi banyak orang.