Cara Relasi Antar Table dengan PhpMyAdmin

by 23.18 12 komentar


CARA RELASI ANTAR TABLE DATABASE DENGAN PHPMYADMIN





Okeh masih berhubungan dengan DATABASE. Kali ini saya akan memposting bagaimana sih jika kita sudah membuat database dan table, jika kita ingin merelasikan antar table agar dapat saling berhubungan satu sama lain.
Langsung saja nih.

1. Jalankan Xampp anda.
2. Masuk ke PhpMyAdmin.
3. Buat database sesuai dengan kebutuhan anda jika belum tau bisa dilihat disini Cara Membuat Database dengan PhpMyAdmin.
4. Buat Table sesuai dengan kebutuhan anda minimal 2 table. jika belum tau bisa dilihat disini Cara Membuat Table dengan PhpMyAdmin 
5. Sesuaikan Primary Key dari masing-masing table yang anda buat.

Jika sudah membuat database dan tablenya maka akan terlihat seperti gambar berikut.





Penting :
Karena disitu ada beberapa table maka pilih salah satu table yang akan digunakan sebagai rujukan. atau Foreign Key nya.
Jika belum paham begini ceritanya. 
Karena disitu kita belum mempunyai Foreign Key maka jika kita menginputkan field atau isi kedalam masing masing table kita tidak akan bisa merelasikan antar table.
Maka dalam merelasikan antar table di salah satu table Rujukan harus mempunyai Foreign Key agar Table tersebut tau bahwa Foreig Key tersebut adalah punya dari table Primary Key.

Untuk Contoh disini saya membuat database dengan nama contoh dan mempunyai 2 Table :

database contoh

table1
id_table1
nama_table1
jumlah_table1

table2
id_table2
nama_table2
jumlah_table2

nah untuk membuat merelasikan antar table kita harus menambahkan satu Foreign Key pada table rujukan.

disini saya akan menambahkan Foreign Key pada table2 seperti contoh berikut:

table2
id_table2
nama_table2
jumlah_table2
id_table1

Caranya menambahkan Foreign Key pada table2 adalah :


Klik table rujukannnya -> tambahkan 1 kolom setelah jumlah_table1 -> Kirim
Setelah itu isikan fieldnya seperti gambar berikut:


Jika berhasil maka akan tampil seperti gambar berikut :
Setelah itu pilih / klik database nya jika belum tau juga silakan lihat gambar berikut :
Maka akan muncul gambar berikut, lalu pilih atau klik tombol lainnya dan pilih desainer.

Maka akan muncul seperti gambar berikut :

Yang terakhir adalah klik pilihan buat relasi seperti gambar berikut:
Pilih Kunci Rujukan :
Pilih Foreign Key nya :
Pilih Cascade pada pilihan on delete dan Cascade pada pilihan on update pada kolom buat relasi FOREIGN KEY. Lalu pilih / klik OK Lihat gambar :

Setelah itu jika berhasil maka tampilannya aan terlihat seperti gambar berikut :






Selamat mencoba :D






Achmad Fimansyah

Developer

Terima Kasih sudah berkunjung ke blog pribadi saya. Semua artikel yang saya muat disini adalah tentang JAVA PROGRAMMING Mulai Dari Java Desktop Maupun Java WEB.

12 komentar:

  1. Makasih Kaka akan saya Coba,, Moga jaya Blognya.. :)

    BalasHapus
  2. wah , makasih banyak infonya bang :D
    sangat bermanfaat ,

    BalasHapus
  3. assallamualiakum ....setelah saya membaca semua cara merelasikan table di phpmyadmin mengunakan bantuan tol desain, tetpi masalahya punya saya tidak tertera tol tersebut bagaimana cara untuk menampilkanya? mohon bantunaya..

    BalasHapus
  4. Mohon maaf mau tanya bang, misal sya membuat database Ujian Online distu kan kelas Misal XII IPA 1 smpe 7 dan ada mapel dan pembuatan soal juga.. nah yg sy tanyakan gimana caranya agar soal mapel yang sama bisa digunakan kelas yg beda.mohon solusi dn pencerahanya mas...makasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  5. saya dapet pesan missing error

    BalasHapus
  6. makasih banyak artikelnya mas

    BalasHapus
  7. setelah baca2,,dari atas sampai bawah,alhamdulillah,,bisa saya cobakan di phpmyadmin ,, dan saya juga tertarik dengan template designya,,heheh,,buatnya gi mana ya mas,,template web nya ,,OOT

    BalasHapus

TERIMA KASIH BANYAK TELAH BERKUNJUNG KE BLOG SAYA.
Semoga semua Postingan yang ada dalam blog saya dapat bermanfaat bagi banyak orang.